Jumat, 12 November 2010

ANTARA PENDEKATAN, STRATEGI, METODE, TEKNIK DAN MODEL PEMBELAJARAN


         Beberapa hari yang lalu saya diminta seorang sahabat untuk mengirimkan email tentang pendekatan pembelajaran. Tentu saja dengan senang hati saya membalasnya melalui email, memberikan literasi yang berkaitan dengan yang diminta, walau saya tidak yakin betul apa yang saya kirimkan itu sesuai dengan permintaannya.
      Selama ini, pemahaman saya, antara pendekatan pembelajaran, strategi pembelajaran, metode pembelajaran; teknik pembelajaran, dan model pembelajaran adalah sama, atau setidaknya pendekatan pembelajaran berisikan model-model pembelajaran. Berkaitan dengan ketidakjelasan perbedaan diantara itu semua, saya mencoba mencari buku-buku dipasar loak, guna mencari jawaban. Setelah mengkaji dan mempelajari, saya mencoba sebisanya menjelaskan perbedaan antara pendekatan pembelajaran, strategi pembelajaran, metode pembelajaran; teknik pembelajaran; dan model pembelajaran.
        Pendekatan pembelajaran adalah cara pandang guru terhadap proses pembelajaran, yang di dalamnya terdapat strategi-strategi pembelajaran dengan segala teorinya. Pendekatan pembelajaran dapat dibedakan menjadi dua yaitu pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa (student centered approach) dan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada guru (teacher centered approach).
        Dari dua pendekatan pembelajaran selanjutnya diturunkan ke dalam strategi pembelajaran. Strategi pembelajaran adalah suatu kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru dengan tujuan proses pembelajaran yang berlangsung dikelas dapat mencapai goal secara efektif dan efisien. Di dalam strategipembelajaran terdapat perencanaan-perencanaan yang dibuat guru. Pada prinsipnya strategi pembelajaran bersifat konseptual berupa rencana keputusan yang akan diambil dalam proses pembelajaran. Ditinjau dari sisi strategi, dapat dikelompokkan menjadi dua yaitu: exposition-discovery learning dan group- individual learning . Sementara, dilihat dari sisi cara penyajian dan cara pengolahannya, dapat dibedakan menjadi dua pula yaitu strategi pembelajaran induktif dan strategi pembelajaran deduktif.
        Seperti yang tersebut diatas, bahwa strategi pembelajaran masih bersifat konseptual, untuk pelaksanaannya diperlukan berbagai metode pembelajaran tertentu. Dengan kata lain, strategi merupakan a plan for achieving goals” sedangkan metode adalah “a way for achieving goals” . Dengan demikian metode pembelajaran dapat dikatakan sebagai cara yang harus ditempuh untuk mewujudkan rencana yang telah disusun guru dalambentuk kegiatan nyata dan praktis di kelas guna mencapai tujuan pembelajaran. Ada banyak metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk mewujudkan strategi pembelajaran, diantaranya: (1) Metode Debat; (2) Metode Role Playing, (3) Metode Problem Solving; (4) Metode Problem Based Instruction; (5) Numbered Heads Together, (6) Metode Group Investigation; (7) Metode Brainstorming; (8) Metode Team Games Tournament dan lain sebagainya
       Sementara itu didalam metode pembelajaran terkait dengan teknik pembelajaran. Teknik pembelajaran merupakan cara yang dilakukan oleh guru dalam melaksanakan metode pembelajaran. Sedikit ilustrasi, metode role playing pada kelas yang siswanya memiliki orang tua dengan rata-rata ekonomi tinggi, berbeda teknik perlakuannya terhadap siswa yang orang tuanya dengan rata-rata ekonomi rendah. Pun dengan penggunaan metode debat perlu digunakan teknik yang berbeda pula, untuk kelas yang tergolong aktif dibandingkan dengan kelas yang siswanya mayoritas pasif. Seorang  guru dapat berganti-ganti teknik pembelajaran walau dalam kerangka metode pembelajaran yang sama.
Dengan uraian yang ada diatas, bila saya gambarkan secara elaborasi, dapat dilihat seperti gambar berikut :
Berdasarkan keterangan dan gambar diatas, maka model pembelajaran merupakan rumah atau bingkai dari implementasi suatu pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran. Semoga penjelasan yang singkat ini bermanfaat. AMIN

http://roebyarto.multiply.com/journal/item/145

Tidak ada komentar:

Posting Komentar